HP Lipat Laku Keras, Ponsel China Diserbu Warga

posted in: Uncategorized | 0

Penjualan HP lipat terus mengalami peningkatan secara signifikan. Salah satunya didorong karena ramainya persaingan yang datang dari China.
Laporan DSCC menyebutkan Slot Deposit 10rb penjualan ponsel lipat memecahkan rekor pada kurtal III-2023. Tercatat lonjakannya mencapai 215% dibandingkan kuartal sebelumnya dan 16% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Mengutip GSM Arena, Kamis (7/12/2023), jumlah penjualannya menjadi 7 juta unit. Angka tersebut melampaui puncak penjualan yang terjadi pada kuartal tahun lalu sebesar 6,1 juta unit.

Samsung dengan dua ponsel lipatnya, Galaxy Z Fold 5 dan Flip 5 masih mendominasi pasar. Meski turun dari tahun lalu, pangsa pasar perusahaan masih menguasai sebesar 72%.

Baca: Realme GT 5 Pro Rilis, HP China Murah Spek Ga Masuk Akal
Sementara itu dua raksasa teknologi China mengikuti jejak Samsung. Huawei memegang 9% pangsa pasar dan Honor sebesar 8%.

Dari segi jenis ponsel, Z Flip 5 menguasai hampir setengahnya atau 45% pasar dan ‘saudaranya’ Z Fold 5 sebesar 24%. Huawei Mate X3 dan Honor Magic V2 memiliki masing-masing 6%.

Sementara untuk sisa tahun ini, DSCC memproyeksikan pada Q4 pangsa pasar smartphone lipat naik dari tahun lalu 47%. Namun memang ada kemungkinan menurun dari kuartal III sebesar 35%.

Penurunan itu terjadi salah satunya karena pengiriman ponsel Samsung yang lebih rendah pada Q4. Selain itu juga disebabkan oleh sejumlah penundaan produk baru.

Baca: 5 HP Terbaru Rilis 2024, Siap-Siap Nabung dari Sekarang
Pangsa pasar Samsung diramal akan turun selama setahun terakhir. Dari 83% tahun lalu turun setengahnya pada kuartal ini menjadi 42%.

Huawei akan menguasai 21% dan Honor 19%. Flip 5 masih memimpin pasar dengan 22%, diikuti Mate X5 diramalkan mengantongi 15% dan Magic V2 yang menyalip Fold 5.

Penjualan perangkat lipat selama setahun penuh diperkirakan melonjak 23% dari tahun 2022 atau menjadi 15,8 juta unit. Empat ponsel lipat sebelumnya dan Z Flip 4 menjadi penguasa pada pasar tersebut.